KI Pusat Sidangkan Delapan Register Sengketa Informasi dalam Sehari

Komisi Informasi (KI) Pusat melaksanakan sidang sengketa informasi publik sebanyak delapan register dalam satu hari. Sebanyak delapan register sengketa informasi itu dilksanakan dengan baik menggunakan dua ruang sidang di Kantor Sekretariat KI Pusat Wisma BSG Jakarta, Rabu (05/02/2020).
Persidangan dilaksanakan secara marathon mulai pagi hingga sore hari yang ditangani oleh tujuh formasi Majelis Komisioner (MK), mulai dari formasi MK KI Pusat yang diketuai Gede Narayana merangkap anggota bersama Hendra J Kede dan Wafa Patria Umma didampingi Panitera Pengganti (PP) Arif. Formasi MK ini menangani dua register sekaligus yaitu, register 046/X/KIP-PS/2018 antara Pemohon Individu Robert Sudjasmin terhadap Termohon Badan Publik (BP) Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN dengan agenda Pemeriksaan Awal dan register 051/X/KIP-PS/2015 antara Pemohon Individu Sumarjono terhadap Termohon BP BPN Kota Depok juga dengan agenda Pemeriksaan Awal.
Pada dua persidangan itu, register pertama dihadiri para pihak, baik pemohon maupun termohon dan pada persidangan kedua hanya dihadiri oleh termohon. MK merencanakan persidangan selanjutnya pada 11 Pebruari 2020 untuk kedua register tersebut.
Kemudian pada persidangan ketiga, formasi MK yang diketuai Hendra J Kede merangkap anggota bersama Wafa Patria Umma dan Romanus Ndau Lendong didampingi PP Eni menangani register 064/XII/KIP-PS/2016 antara Pemohon Individu Aloy Rachmat terhadap Termohon BP Dirjen Kekayaan Negara Kemenkeu dengan agenda Pemeriksaan Awal. Dalam persidangan terungkap, bahwa pemohon telah meninggal dunia sehingga hanya diwakili kuasanya berdasarkan permintaan keluarga, untuk fakta tersebut MK akan memastikan apakah sengketa informasi ini dilanjutkan atau tidak karena principal sudah meninggal dunia.
Setelah istirahat siang, persidangan keempat digelar dengan formasi MK yang diketuai Cecep Suryadi merangkap anggota bersama Romanus Ndau Lendong dan Arif Adi Kuswardono didampingi PP Indra, dengan register 001/I/KIP-PS/2019 antara Pemohon Individu Supriyono terhadap Termohon BP Bank Indonesia dengan agenda Sidang Lanjutan.
Dengan formasi MK yang sama juga menangani sengketa informasi 005/I/KIP-PS/2019 antara Pemohon Individu Egi Primayoga terhadap BP Badan Pengawasan Keuangan Dan Pembangunan (BPKP) RI dengan agenda Sidang Lanjutan. Dalam persidangan, termohon menyatakan informasi tentang audit tujuan tertentu terhadap BPJS atas permintaan Kementerian Keuangan RI, sehingga termohon sarankan ke pemohon untuk minta informasi ke Kemenkeu, namun MK minta hasil uji konsekuensi termohon atas pengecualian informasi tersebut.
Pada persidangan keenam dengan register 054/XI/KIP-PS/2018 antara Pemohon Individu Ahmad Rozali terhadap BP PT. Pertamina (Persero) dengan agenda Pemeriksaan Awal. Adapun Ketua MK-nya adalah Wafa Patria Umma merangkap anggota bersama Gede Narayana dan Hendra J Kede didampingi PP Olyv.
Sementara itu, pada persidangan dengan register 053/XI/KIP-PS/2018 antara Pemohon Individu Muhammad Azwar terhadap Termohon BP Kementerian Kelautan dan Perikanan RI dengan agenda Pemeriksaan Awal. Persidangan register ini dipimpin Ketua MK Romanus Ndau Lendong merangkap anggota bersama Wafa Patria Umma dan Hendra J Kede didampingi PP Arif.
Persidangan terakhir pada hari ini, adalah register 056/XI/KIP-PS/2018 antara Pemohon Perkumpulan Wali Murid 8113 terhadap Termohon BP Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dengan agenda Pemeriksaan Awal. Persidangan dipimpin Ketua MK Romanus Ndau Lendong merangkap anggota bersama Gede Narayana dan Wafa Patria Umma didampingi PP Reyhan. (Laporan : Karel Salim/Foto: Ari Wijaya)

About Author

Connect with Me:

Leave a Reply