Kominfo Mengapresiasi Atas Peluncuran SIMSI KI Pusat

Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika Gun Gun Siswadi (kedua dari kanan) mewakili Menteri Rudiantara pada peluncuran SIMSI di Jakarta pada Kamis (02/05) di Hotel Morrissey Jakarta

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI mengapresiasi Komisi Informasi (KI) Pusat yang telah meluncurkan aplikasi penyelesaian sengketa informasi bertitel SIMSI (Sistem Informasi Manajemen Sengketa Informasi). Hal itu disampaikan oleh Staf Ahli Menteri, Kementerian Kominfo Gun Gun Siswadi yang mewakili Menkominfo Rudiantara pada acara peluncuran SIMSI yang dihadiri sejumlah KI Provinsi dan Pegiat Keterbukaan Informasi di Hotel Morrissey Jakarta pada Kamis (02/05).
Dalam peluncuran SIMSI itu, Wakil Ketua Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia Bidang Non Yudisial Syarifudin menyampaikan makalah bertema “Peran E-court Dalam Meningkatkan Penyelesaian Sengketa”. Acara yang dibuka oleh Ketua KI Pusat Gede Narayana dihadiri Komisioner Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi (PSI) Arif Adi Kuswardono, juga Plt Sekretaris KI Pusat Bambang Sigit Nugroho.
Lebih lanjut Gun Gun menyampaikan bahwa selain mengapresiasi peluncuran SIMSI yang akan mempermudah para pihak, baik pemohon maupun termohon informasi untuk mengikuti proses binis penyelesaian sengketa di KI Pusat, Kominfo juga berharap agar ada tenaga terampil yang senantiasi mengawal SIMSI sehingga semuanya berjalan dengan baik.
“Meski sudah tersedia SIMSI yang memudahkan masyarakat mengikuti proses bisnis penyelesaian sengketa informasi namun KI Pusat harus menyediakan tenaga terampil yang mengoperasionalkan SIMSI itu sendiri,” katanya menyarankan.
Pada akhirnya, menurut ia, eksistensi SIMSI diharapkan mampu menekan jumlah sengketa informasi yang jumlahnya sangat besar di KI Pusat. Ia mengatakan berdasarkan pengalaman Mahkamah Agung (MA) yang telah menjalankan proses penyelesaian sengketa informasi secara cepat setelah menerapkan teknologi informasi secara baik sehingga perlu diaplikasikan oleh KI Pusat dalam menyelesaikan sengketa informasi yang cepat, tepat waktu, dan biaya murah.
Untuk itu, ia menyarankan agar KI Pusat terus melakukan sosialisasi tentang pelaksanaan aplikasi SIMSI kepada masyarakat luas. Menurutnya langkah pertama KI Pusat yang langsung menggelar bimbingan teknis SIMSI kepada KI Provinsi di tempat peluncuran SIMSI sangat diapresiasi oleh Kominfo. (Laporan : Karel Salim/Foto: Ari Wijaya)

About Author

Connect with Me:

Leave a Reply