Komisioner KI Pusat Ajak Tenaga Ahli P3MD Kawal Dana Desa


Komisioner Komisi Informasi (KI) Pusat Bidang Regulasi dan Kebijakan Publik Muhammad Syahyan mengajak Tenaga Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (TA P3MD) mengawal dana desa agar tidak disalahgunakan, sehingga dana desa dapat dimanfaatkan untuk memajukan dan meningkatkan taraf hidup masyarakat desa.

Demikian disampaikan Muhammad Syahyan di depan peserta Pelatihan Inovasi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) bagi Tenaga Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) tingkat Kabupaten TA 2019 di Fave Hotel Kota Jaya Pura, Papua, Kamis (2/5).

Disebutkan Syahyan, pemerintah pusat sejak 2015 telah menggelontorkan anggaran dana desa sebesar Rp 257 Triliun. Anggaran itu tidaklah sedikit, karenanya agar tepat sasaran anggaran itu haruslah dikawal dan dikelola secara transparan.

Menurut Syahyan, salah satu upaya agar dana desa tersebut tidak diselewengkan, aparat pemerintahan desa haruslah menjalankan pemerintahan desa dengan baik, yakni profesional, transparan, efektif, efisisien, akuntabel dan terbebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).

Disinilah, sebut Syahyan, pentingnya Tenaga Ahli P3MD memahami Undang-Undang No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Sebab di UU tersebut, ada kewajiban bagi badan publik desa atau pemerintahan desa untuk terbuka dan transparan dalam mengelola keuangan dana desa.

“Tenaga ahli P3MD harus mendorong agar aparat pemerintahan desa untuk terbuka. Sehingga masyarakat bisa ikut serta mengawal dana desa tersebut,” kata Syahyan.

Apalagi kata Syahyan lagi, para tenaga ahli P3MD telah mendapat pelatihan dan pemahaman tentang undang undang keterbukaan informasi dan peraturan tentang standar layanan informasi publik desa.

“Program pelatihan yang digelar kementerian desa ini sangatlah baik meningkatkan kapasitas tenaga ahli P3MD, sehingga mereka miliki kemampuan tentang keterbukaan informasi dalam pendampingan ke para kader desa dan perangkat desa,” tandas Syahyan. (Laporan : Karel Salim/Foto: Ist)

About Author

Connect with Me:

Leave a Reply