Termohon Tak Kuasai Informasi, Pemohon Cabut Register


Kuasa termohon menyatakan tidak menguasai informasi yang diminta oleh pemohon sehingga pemohon individu bersedia untuk mencabut register sengketa informasi di Komisi Informasi (KI) Pusat. Pembacaan penetapan pencabutan register sengketa informasi itu dilakukan oleh Ketua MK (Majelis Komisioner) KI Pusat Cecep Suryadi beranggotakan Romanus Ndau Lendong dan Arif Adi Kuswardono didampingi Panitera Pengganti (PP) Arif di ruang sidang II lantai 1 Kantor Sekretariat KI Pusat Wisma BSG Jakarta, Jl. Abdul Muis 40 Jakarta Pusat pada Selasa (09/07).
MK harus melaksanakan dua kali persidangan pada hari yang sama termasuk untuk sidang pembacaan penetapan. Sidang pertama mendengarkan keterangan dari pemohon dan termohon, yang dalam keterangan kuasa termohon bahwa informasi tentang ijin pertambangan PT Emas Mineral Murni (EMM) di Beutong Ateuh Banggalang, Kabupaten Nagan Raya, Aceh Tengah Nanggroe Aceh Darussalam, tidak dalam penguasaan termohon.
Atas keterangan dari termohon tersebut, pemohon bersedia mencabut register dengan membuat surat pencabutan ke Ketua KI Pusat. Kemudian MK menskors sidang untuk mempersiapkan sidang pembacaan penetapan pencabutan register.
Pada persidengan pembacaan penetepan, MK menyatakan menerima permohonan pencabutan register pemohon dan menetapkan pencabutan register pemohon serta memerintahkan panitera mencoret dari daftar sengketa di KI Pusat atas register 055/XI/KIP-PS/2018 antara pemohon Safutra Rantona terhadap Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).
MK tetap mengharapkan niat baik dari termohon untuk memberikan surat kepada pemohon yang berisi keterangan dimana ijin pertambangan yang diminta pemohon itu berada. Kuasa termohon juga menyatakan menyanggupinya untuk memberikan surat kepada pemohon. (Laporan : Karel Salim/Foto: Abdul Rahman)

About Author

Connect with Me:

Leave a Reply