TINGKATKAN PARTISIPASI BUMN, KI PUSAT GELAR PENDALAMAN MATERI MONEV 2020


Dalam rangka meningkatkan partisipasi Badan Publik (BP) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk pelaksanaan monitoring dan evaluasi (monev) maka Komisi Informasi (KI) Pusat menggelar pendalaman materi monev khusus untuk BUMN. Kegiatan pendalaman materi monev dilaksanakan melalui zoom meeting dan pertemuan langsung di ruang rapat lantai 9 Sekretariat KI Pusat yang dipimpin Ketua Bidang Kelembagaan KI Pusat Cecep Suryadi bersama Ketua Bidang Regulasi dan Kebijakan Publik (Reglik) KI Pusat M Syahyan dengan Sekretaris KI Pusat MH Munzaer, Selasa (23/06/2020).

Dalam kesempatan itu, Cecep menyampaikan bahwa pelaksanaan pendalaman materi monev khusus BUMN ini untuk meningkatkan partisipasi BUMN dalam pelaksanaan monev 2020 sebagai agenda tahunan KI Pusat. Menurutnya, pendalaman materi itu juga dilaksanakan untuk mendapatkan umpan balik dari PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) BUMN agar indikator penilaian monev sesuai dengan pelaksanaan keterbukaan informasi di BUMN.

Selain itu, Cecep juga menyampaikan bahwa fasilitasi khusus pendalaman materi terhadap indikator monev BUMN untuk meningkatkan partispasi BUMN dalam monev KI Pusat 2020. Alasannya, menurut ia karena mayoritas BUMN masih berada pada kategori Tidak Informatif, yaitu sebanyak 80 persen.

Untuk itu, ia menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan pendalaman materi monev BUMN diharapkan terjadi peningkatakan partisipasi dan peningkatan kategori penghargaan KI Pusat, dari 55,96 persen pada 2019 menjadi 60 persen pada 2020. Sebagai tindaklanjut pelaksanaan monev 2020, KI Pusat juga telah mempersiapkan pelaksanaan sosialisasi monev KI Pusat pada 1-3 Juli 2020 untuk 7 kategori BP, seperti Kementerian, Lembaga Non Struktural, Pemerintah Provinsi, BUMN, Perguruan Tingggi Negeri, Lembaga Negara dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian serta Partai Politik. (Laporan : Karel Salim)

About Author

Connect with Me:

Leave a Reply