Demi Akurasi Informasi Data Bansos Covid-19, KI Pusat Minta Dibuat Website Khusus


Komiisi Informasi (KI) Pusat meminta pemerintah segera membuat website khusus tentang informasi data bantuan sosial (bansos) dalam penanggulangan Covid-19 (Corona Virus Disease 2019) sehingga masyarakat dan pelaksana bansos di daerah tidak salah sasaran. Hal itu disampaikan oleh Ketua Bidang Advokasi Sosialisasi dan Edukasi KI Pusat Wafa Patria Umma dalam acara dialog interaktif bersama Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Bulog (Badan Urusan Logistik) Tri Wahyudi Saleh selaku narasumber dialog yang disiarkan dari Studio RRI Pro-3 Jakarta, Senin (18/05/2020).

Dialog interaktif yang disiarkan langsung melalui udara dan live streaming ke seluruh Indonesia membuka line interaktif dengan semua pendengar RRI yang penyelenggaraannya merupakan kerjasama KI Pusat dan RRI. Pelaksanaan dialog interaktif yang ketiga kali ini dalam masa penanggulangan Covid-19, dilabel “Kepastian Informasi Terkait Ketersediaan Bahan Pangan dalam Penanggulangan Covid-19”.

Pada kesempatan itu, Wafa menyampaikan perlunya data informasi penerima bansos dalam masa penanggulangan Covid-19 sehingga tidak terjadi kekisruhan dalam pembagian bansos di daerah. “Pemerintah harus membuat website khusus mengenai data informasi penerima bansos sehingga pelaksana dan penerima bansos sehingga tepat sasaran dan menghindari kisruh di lapangan,” kata Wafa menjelaskan.

Menurutnya, akibat kurangnya informasi mengenai data informasi penerima bansos di daerah maka seringkali terjadi salah sasaran dalam pemberian bansos. Akibat salah sasaran pemberian bansos membuat masyarakat tidak mendapatkan bantuan secara tepat.

Ia mengatakan sudah menjadi kewajiban dari Badan Publik (BP) untuk memberikan informasi yang akurat, benar dan tidak menyesatkan sehingga program bansos untuk penanggulangan Covid-19 dapat dilaksanakan secara baik. Bagi masyarakat, menurutnya harus dapat mengetahui haknya untuk memperoleh informasi secara benar dari BP, sehingga masyarakat dapat meminta informasi tentang bansos di BP.

Sementara itu, Tri menyampaikan bahwa Bulog akan melaksanakan operasi pasar secara rutin sehingga masyarakat dalam bulan suci ramadhan dan menjelang Idul Fitri dapat tenang karena terhindar dari kenaikan harga-harga sembako. Untuk mendapatkan informasi tentang operasi pasar, maka masyarakat dapat mengakses ke situs resmi bulog, bulog.go.id. (Laporan : Karel Salim)

About Author

Connect with Me:

Leave a Reply